Gambaran Kelancaran Bicara Pada Anak Usia Pra-Sekolah

Authors

  • Hikmatun Sadiah Politeknik Arutala Johana Hendarto
  • Ananda Sweethela Putri Politeknik Arutala Johana Hendarto

DOI:

https://doi.org/10.59898/jawara.v2i2.33

Keywords:

kelancaran bicara, anak pra sekolah, gangguan bicara, intervensi dini

Abstract

Latar belakang: Kelancaran bicara merupakan indikator penting perkembangan komunikasi anak usia pra sekolah.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kelancaran bicara pada anak usia dini dan faktor-faktor yang memengaruhinya.

Metode: Penelitian kuantitatif deskriptif ini melibatkan 213 anak berusia 4,5–7 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan uji ANOVA.

Hasil: Gangguan bicara lambat adalah jenis gangguan paling dominan, terutama pada usia 4,5–5 tahun (17%). Tidak ditemukan perbedaan signifikan antar kelompok usia untuk gangguan bicara gagap (p = 0,769).

Kesimpulan: Deteksi dini dan intervensi berbasis usia sangat penting untuk meningkatkan kemampuan bicara anak.

Published

18-09-2024