Gambaran Kelancaran Bicara Pada Anak Usia Pra-Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.59898/jawara.v2i2.33Keywords:
kelancaran bicara, anak pra sekolah, gangguan bicara, intervensi diniAbstract
Latar belakang: Kelancaran bicara merupakan indikator penting perkembangan komunikasi anak usia pra sekolah.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kelancaran bicara pada anak usia dini dan faktor-faktor yang memengaruhinya.
Metode: Penelitian kuantitatif deskriptif ini melibatkan 213 anak berusia 4,5–7 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan uji ANOVA.
Hasil: Gangguan bicara lambat adalah jenis gangguan paling dominan, terutama pada usia 4,5–5 tahun (17%). Tidak ditemukan perbedaan signifikan antar kelompok usia untuk gangguan bicara gagap (p = 0,769).
Kesimpulan: Deteksi dini dan intervensi berbasis usia sangat penting untuk meningkatkan kemampuan bicara anak.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Politeknik Arutala Johana Hendarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.